Selasa, 27 November 2012

Kisi-kisi UAS SMT.1 B.Indo Kls 4


Blog, setahun ini g dapat tugas buat layout soal n kisi-kisi b.indo kls.4..ini yang udah jadi. ternyata susah juga ya.  Berhubung soalnya banyak  gambar g muat kisi-kisinya aja dulu ya. smoga bermanfaat.(sorry ye klo guede bangettt menuhin smua halaman!hahahahha :p
check this out ^^!








KISI-KISI PEMBUATAN SOAL UAS

Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia






Kelas/Semester
: IV / 1






Tahun Pelajaran
: 2012 / 2013





NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
NOMOR SOAL
PG
ISIAN
UT
1
Membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar
Denah
-
Disajikan denah, siswa dapat menyebutkan urutan perjalanan dengan tepat
6


-
Disajikan denah, siswa dapat menunjukan lokasi dengan tepat
7


-
Disajikan denah, siswa dapat menentukan lokasi yang sesuai dengan arah yang dimaksud
8


-
Siswa dapat mengartikan arti tanda panah ke bawah yang terdapat pada denah
4


-
Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan arah yang dimaksud
17


-
Disajikan gambar, siswa dapat membaca petunjuk arah dengan benar
29


-
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan rute perjalanan dengan baik


48
-
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan dengan benar denah yang dimaksud

36

-
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan arah suatu tempat

37

2
Menemukan pikiran pokok teks agak panjang   dengan cara membaca sekilas
Teks cerita
-
Disajikan teks cerita, siswa dapat menentukan pikiran pokok paragraf pertama
1


-
Disajikan teks cerita, siswa dapat menemukan kalimat yang  mengacu pada teks
3


-
Disajikan paragraf pendek, siswa dapat menemukan pokok pikiran yang tepat


46
-
Siswa dapat menemukan pikiran pokok paragraf pendek
26


3
Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
Teks berisi petunjuk
-
Disajikan secara tertulis langkah-langkah pembuatan nasi goreng, siswa dapat  melengkapi bagian yang hilang 
27


-
Disajikan potongan proses pembuatan sesuatu, siswa dapat menyebutkan kegiatan yang dimaksud

43

-
Disajikan teks pendek, siswa dapat menjelaskan alat/ benda yang dimaksud
13


-
Disajikan secara acak urutan menjelaskan letak suatu tempat berdasarkan denah, siswa dapat menyusun dengan tepat
15


-
Disajikan beberapa nama bagian sebuah alat, siswa dapat menemukan dengan tepat alat yang dimaksud
28


4
Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/ lambang korps
Lambang
-
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan arti simbol tesebut
33


-
Siswa dapat menjelaskan makna dari jumlah bulu yang terdapat pada lambang Garuda


50
-
Disediakan gambar, siswa dapat menjawab dengan tepat lambang yang dimaksud
5


-
Siswa  dapat menemukan kalimat yang tepat sesuai dengan lambang
24


-
Disajikan gambar rambu lalu-lintas, siswa dapat menjelaskan arti dari simbol yang dimaksud
14






NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
NOMOR SOAL

PG
ISIAN
UT

5
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
Surat
-
Disajikan potongan kalimat dalam surat, siswa dapat menjelaskan bagian yang dimaksud
20




-
Siswa dapat menemukan jenis surat yang ditujukan kepada kerabat atau teman dekat

42



-
Siswa dapat menyebutkan jenis surat yang tepat sesuai soal
25



-
Siswa dapat menyebutkan hal yang tidak terlalu penting dalam penulisan surat
31



-
Disajikan susunan tempat dan tanggal surat, siswa dapat menyusunnya dengan tepat

44


6
Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Teks petunjuk penggunaan alat
-
Disajikan petunjuk penggunaan alat secara acak, siswa dapat mengurutkan dengan benar

38


-
Siswa dapat mengetahui kegunaan alat berdasarkan petunjuk yang ada
32



-
Siswa dapat menemukan benda yang tidak mencantumkan petunjuk dalam penggunaannya
12



-
Disajikan gambar televisi, siswa dapat menjelaskan petunjuk penggunaannya dengan tepat
21



-
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan cara pemakaiannya
18



7
Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperharikan penggunaan tanda baca yang tepat
Percakapan
-
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menjelaskan latar atau tempat terjadinya percakapan
30



-
Siswa dapat melengkapi isi percakapan yang kurang lengkap dengan kalimat yang tepat
19



-
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyebutkan tokoh yang ada dalam percakapan
35



-
Siswa dapat melengkapi percakapan yang kurang lengkap dengan membubuhkan kalimat tanya yang tepat

41


8
Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia melalui membaca memindai
Kamus
-
Siswa dapat menemukan kata yang memiliki arti takaran atau ukuran dalam mengkonsumsi obat

45


-
Siswa dapat menjelaskan sinonim/persamaan kata dari 'pengemudi'

40


-
Siswa dapat mengurutkan kata-kata yang tersedia sesuai dengan urutan kamus


47

-
Siswa dapat menyusun kata berdasarkan urutan di kamus/ berdasarkan abjad
23



-
Siswa dapat mencari tahu lawan kata/ antonim dari kata sehat
11



-
Siswa dapat mengidentifikasi kata dan mengelompokan  sesuai bidangnya
2



9
Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
Teks cerita
-
Siswa dapat melengkapi sebuah paragraf pendek yang rumpang dengan kalimat yang tepat
22



-
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata tanya yang tepat
10



-
Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan kata yang tepat
9



-
Siswa dapat menemukan definisi dari cerita yang belum lengkap penulisannya
16



-
Disajikan susunan kata secara acak, siswa dapat merangkai menjadisebuah kalimat yang benar
34



-
Siswa dapat membuat kalimat tanya yang sesuai dengan mengacu pada kalimat jawaban yang tersedia


49

 -
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata sambung yang tepat

39








Tidak ada komentar:

Posting Komentar