Blog, setahun ini g dapat tugas buat layout soal n kisi-kisi b.indo kls.4..ini yang udah jadi. ternyata susah juga ya. Berhubung soalnya banyak gambar g muat kisi-kisinya aja dulu ya. smoga bermanfaat.(sorry ye klo guede bangettt menuhin smua halaman!hahahahha :p
check this out ^^!
KISI-KISI PEMBUATAN SOAL
UAS
|
|||||||
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
||||||
Kelas/Semester
|
:
IV / 1
|
||||||
|
Tahun
Pelajaran
|
:
2012 / 2013
|
|||||
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
|||
PG
|
ISIAN
|
UT
|
|||||
1
|
Membuat
gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar
|
Denah
|
-
|
Disajikan
denah, siswa dapat menyebutkan urutan perjalanan dengan tepat
|
6
|
|
|
-
|
Disajikan
denah, siswa dapat menunjukan lokasi dengan tepat
|
7
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
denah, siswa dapat menentukan lokasi yang sesuai dengan arah yang dimaksud
|
8
|
|
|
|||
-
|
Siswa
dapat mengartikan arti tanda panah ke bawah yang terdapat pada denah
|
4
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
kalimat, siswa dapat menentukan arah yang dimaksud
|
17
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
gambar, siswa dapat membaca petunjuk arah dengan benar
|
29
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menjelaskan rute perjalanan dengan baik
|
|
|
48
|
|||
-
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menjelaskan dengan benar denah yang dimaksud
|
|
36
|
|
|||
-
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menentukan arah suatu tempat
|
|
37
|
|
|||
2
|
Menemukan
pikiran pokok teks agak panjang dengan
cara membaca sekilas
|
Teks cerita
|
-
|
Disajikan
teks cerita, siswa dapat menentukan pikiran pokok paragraf pertama
|
1
|
|
|
-
|
Disajikan
teks cerita, siswa dapat menemukan kalimat yang mengacu pada teks
|
3
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
paragraf pendek, siswa dapat menemukan pokok pikiran yang tepat
|
|
|
46
|
|||
-
|
Siswa
dapat menemukan pikiran pokok paragraf pendek
|
26
|
|
|
|||
3
|
Menulis
petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
|
Teks berisi
petunjuk
|
-
|
Disajikan
secara tertulis langkah-langkah pembuatan nasi goreng, siswa dapat melengkapi bagian yang hilang
|
27
|
|
|
-
|
Disajikan
potongan proses pembuatan sesuatu, siswa dapat menyebutkan kegiatan yang
dimaksud
|
|
43
|
|
|||
-
|
Disajikan
teks pendek, siswa dapat menjelaskan alat/ benda yang dimaksud
|
13
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
secara acak urutan menjelaskan letak suatu tempat berdasarkan denah, siswa
dapat menyusun dengan tepat
|
15
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
beberapa nama bagian sebuah alat, siswa dapat menemukan dengan tepat alat
yang dimaksud
|
28
|
|
|
|||
4
|
Menjelaskan
kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/ lambang
korps
|
Lambang
|
-
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menjelaskan arti simbol tesebut
|
33
|
|
|
-
|
Siswa
dapat menjelaskan makna dari jumlah bulu yang terdapat pada lambang Garuda
|
|
|
50
|
|||
-
|
Disediakan
gambar, siswa dapat menjawab dengan tepat lambang yang dimaksud
|
5
|
|
|
|||
-
|
Siswa dapat menemukan kalimat yang tepat sesuai
dengan lambang
|
24
|
|
|
|||
-
|
Disajikan
gambar rambu lalu-lintas, siswa dapat menjelaskan arti dari simbol yang
dimaksud
|
14
|
|
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
|||||||
PG
|
ISIAN
|
UT
|
|||||||||
5
|
Menulis
surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang
baik dan benar dan memperhatikan penggunaan
ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
|
Surat
|
-
|
Disajikan
potongan kalimat dalam surat, siswa dapat menjelaskan bagian yang dimaksud
|
20
|
|
|
||||
-
|
Siswa
dapat menemukan jenis surat yang ditujukan kepada kerabat atau teman dekat
|
|
42
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat menyebutkan jenis surat yang tepat sesuai soal
|
25
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat menyebutkan hal yang tidak terlalu penting dalam penulisan surat
|
31
|
|
|
|||||||
-
|
Disajikan
susunan tempat dan tanggal surat, siswa dapat menyusunnya dengan tepat
|
|
44
|
|
|||||||
6
|
Menjelaskan
petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
|
Teks petunjuk
penggunaan alat
|
-
|
Disajikan
petunjuk penggunaan alat secara acak, siswa dapat mengurutkan dengan benar
|
|
38
|
|
||||
-
|
Siswa
dapat mengetahui kegunaan alat berdasarkan petunjuk yang ada
|
32
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat menemukan benda yang tidak mencantumkan petunjuk dalam penggunaannya
|
12
|
|
|
|||||||
-
|
Disajikan
gambar televisi, siswa dapat menjelaskan petunjuk penggunaannya dengan tepat
|
21
|
|
|
|||||||
-
|
Disajikan
petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan cara pemakaiannya
|
18
|
|
|
|||||||
7
|
Melengkapi
percakapan yang belum selesai dengan memperharikan penggunaan tanda baca yang
tepat
|
Percakapan
|
-
|
Disajikan
teks percakapan, siswa dapat menjelaskan latar atau tempat terjadinya
percakapan
|
30
|
|
|
||||
-
|
Siswa
dapat melengkapi isi percakapan yang kurang lengkap dengan kalimat yang tepat
|
19
|
|
|
|||||||
-
|
Disajikan
teks percakapan, siswa dapat menyebutkan tokoh yang ada dalam percakapan
|
35
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat melengkapi percakapan yang kurang lengkap dengan membubuhkan kalimat
tanya yang tepat
|
|
41
|
|
|||||||
8
|
Menemukan
makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia melalui membaca
memindai
|
Kamus
|
-
|
Siswa
dapat menemukan kata yang memiliki arti takaran atau ukuran dalam
mengkonsumsi obat
|
|
45
|
|
||||
-
|
Siswa
dapat menjelaskan sinonim/persamaan kata dari 'pengemudi'
|
|
40
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat mengurutkan kata-kata yang tersedia sesuai dengan urutan kamus
|
|
|
47
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat menyusun kata berdasarkan urutan di kamus/ berdasarkan abjad
|
23
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat mencari tahu lawan kata/ antonim dari kata sehat
|
11
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat mengidentifikasi kata dan mengelompokan
sesuai bidangnya
|
2
|
|
|
|||||||
9
|
Melengkapi
bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang
tepat sehingga menjadi cerita yang padu
|
Teks cerita
|
-
|
Siswa
dapat melengkapi sebuah paragraf pendek yang rumpang dengan kalimat yang
tepat
|
22
|
|
|
||||
-
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata tanya yang tepat
|
10
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan kata yang tepat
|
9
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat menemukan definisi dari cerita yang belum lengkap penulisannya
|
16
|
|
|
|||||||
-
|
Disajikan
susunan kata secara acak, siswa dapat merangkai menjadisebuah kalimat yang
benar
|
34
|
|
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat membuat kalimat tanya yang sesuai dengan mengacu pada kalimat jawaban
yang tersedia
|
|
|
49
|
|||||||
-
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata sambung yang tepat
|
|
39
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar